PENGERTIAN DATABASE RELASIONAL


Database Relasional

Database Relasional sebenarnya adalah suatu konsep penyimpanan data terstruktur, sebelum konsep database relasional muncul sudah ada uda model database yaitu network database dan hierarchie database . Teori database relasional di kemukakan pertamakali oleh Dr. E.F. Codd.

Photo Dr.Edgar Frank Codd
Dr.Edgar Frank Codd adalah pengemuka pertama kali teori database relasional.

Dalam database relasional, data disimpan dalam bentuk relasi atau tabel dua dimensi, dan antara tabel satu dengan tabel lainnya terdapat hubungan atau relationship sehingga dapat di simpulkan, database adalah kumpulan dari sejumlah tabel yang saling hubungan atau saling keterkaitan. Kumpulan dari data yang diorganisasikan sebagai tabel tadi disimpan dalam bentuk data elektronik di dalam harddisk komputer dan dikelompokan secara logis berdasarkan schema user. Baca juga tentang Schema user.
Untuk membuat struktur tabel, mengisi data ke tabel, memperbarui data dan menghapus data dari tabel diperlukan software. Perangkat lunak yang digunakan membuat tabel, isi data, ubah data, dan hapus data disebut Relational Database Management System atau yang biasa di singkat dengan RDBMS. Sedangkan perintah yang digunakan untuk membuat tabel, mengisi tabel, mengubah tabel, dan menghapus data disebut perintah SQL (Baca : Sequel) yang merupakan singkatan dari Structure Query Language. Jadi, setiap aplikasi perangkat lunak RDBMS pasti bisa dipakai untuk menjalankan perintah SQL.
Sebenarnya fungsi RDBMS bukan cuma untuk buat tabel, isi data, ubah data dan hapus data. Untuk manajemen data dalam skala yang besar dan agar bisa mendukung proses bisnis yang kontinyu atau terus menerus dan real time suatu Relational Database Management System dituntut untuk mempunyai kemampuan manajemen user dan keamanan data yang terjamin, mencadangkan data dan mengembalikan data serta kemampuan lainnya yang berkaitan dengan kecepatan pemrosesan data.
Sebuah aplikasi perangkat lunak RDBMS yang ada di pasaran saat ini dan paling sering digunakan adalah Oracle Database yang di keluarkan oleh Oracle Corporation.

Pengertian User Dan Schema Database

Database adalah sebuah tempat penyimpanan data atau biasa disebut sebagai objek database. Banyak sekali jenis dari objek database di antaranya adalah tabel,index,view dan stored procedure. Di lain sisi database adalah suatu “sarana” yang di sediakansupaya bisa di akses oleh banyak user.

Agar Memudahkan pengelolaan data dalam suatu database maka objek-objek database tersebut di kelompokkan berdasarkan user pemiliknya. Pengelompokan objek database secara logika berdasarkan user pemilik objek inilah yang di sebut sebagai Schema. Schema automatis terbentuk ketika perintah CREATE USER dieksekusi dan akan di hapus ketika suatu user di-drop dengan perintah DROP USER. Nama schema sama dengan nama user, jadi bisa dikatakan user dan schema adalah suatu hal yang sama.

One thought on “PENGERTIAN DATABASE RELASIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s