PENGERTIAN DISKUSI


Diskusi dapat di artikan sebagai interaksi komunikasi yang dilakukan oleh orang atau kelompok yang terdiri dari dua atau lebih. Pengertian diskusi dengan kata lain adalah ngobrol, tapi ngobrol atau membicarakan hal yang bermanfaat dan berbobot, ada topik pembahasan yang akan menghasilkan pemahaman yang sama.

Nah, kalau ngobrol aja atau ngegosip itu ngga ada manfaatnya. Lebih baik diskusi, sebenarnya ngobrol itu masuk dalam kategori diskusi. nah jenis diskusi ada 2 (dua) yaitu diskusi Formal dan diskusi Informal .

Diskusi formal

Dilihat dari namanya aja udah pada tau kan? Diskusi formal berarti tata cara dan pembawaan dalam ber-diskusi harus sopan dan formal, mengikuti aturan yang berlaku. Didalam diskusi formal ada beberapa orang yang berwenang sebagai moderator, notulen, pemateri, dan peserta diskusi itu sendiri. Apa sih fungsi moderator, notulen, dan pemateri?

Pengertian Fungsi Moderator Dalam Diskusi

Adanya moderator di dalam diskusi yang sifatnya formal adalah penting, karena syarat diskusi formal adalah harus adanya moderator. Fungsi dan tugas moderator yang pertama adalah Memperisapkan pokok masalah yang akan dibicarakan saat diskusi itu berlangsung, jika tidak ada yang mengarahkan selaku moderator maka bisa saja topik yang dibahas akan melenceng atau OOT (Out Of Topic). Untuk lebih dalam silahkan baca Fungsi dan tugas moderator .

Tugas dan Fungsi Notulen Dalam Diskusi

Tugas selaku notulen / notulis / notulensi adalah mencatat semua point – point dari topik diskusi yang berlangsung. Mulai dari waktu, tempat, topik yang dibahas, mencatat jumlah peserta diskusi, serta mengambil kesimpulan. Ketika diskusi selesai notulen akan bertanggung jawab kepada pemateri atas kesimpulan dan laporan hasil dari diskusi tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat juga apa tugas-tugas notulen .

Pengertian Tugas Pemateri Dalam Diskusi

Ketika forum diskusi selesai, maka yang akan menyampaikan kesimpulan dan hasil dari diskusi kepada peserta diskusi adalah seorang pemateri. Pemateri akan mempresentasikan secara lengkap tentang kesimpulan yang di dapat dari sebuah topik yang di bahas dalam diskusi. Ingin lebih tau tentang pemateri ?

Nah, didalam diskusi formal ini ada beberapa jenis-jenis diskusi lagi yaitu diskusi panel, seminar, sarasehan, lokakarya, konferensi, dan diskusi kelompok. Berikut ini penjelasan singkat tentang jenis jenis / macam macam diskusi formal.

Pengertian Diskusi Panel

Pengertian diskusi panel adalah suatu contoh diskusi resmi yang dilaksanakan dengan menghadirkan banyak pemateri dan melihat topik pembicaraan dara prespektif yang berbeda, yang disebut sebagai panelis. Jika kita sering menonton ILK (Indonesia layak klub) ketika acara nya sudah mulai selesai maka ada panelis yang akan menarik sebuah kesimpulan dan berlaku netral. Selain panelis, ada juga yang bertugas sebagai moderator, notulen peserta diskusi, etc.

Pengertian Diskusi Kelompok

Menurut para ahli diskusi kelompok adalah :

Moh. Surya (1975:107) mendefinisikan diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tetanam pula tanggung jawab dan harga diri.

Moh. Uzer Usman (2005:94) menyatakan bahwa diskusi kelompok merupakan suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.

Berarti dapat disimpulkan, diskusi kelompok adalah suatu komunikasi interaksi yang dilakukan lebih dari 2 atau lebih individu atau kelompok, yang bertujuan untuk pengambilan sebuah kesimpulan dan untuk melakukan pemecahan masalah dalam topik diskusi yang dibahas.

Pengertian & Definisi Diskusi Lokakarya

Pengertian diskusi lokakarya adalah sama seperti workshop, jika kita pernah mengikuti seminar dan ada workshop maka itu sama seperti lokakarya. Yang membedakan disini adalah kita dapat berinteraksi dan praktek langsung dengan topik yang dibahas. Membuat, atau melihat sesuatu yang di pamerkan dalam lokakarya.

Dari sekian banyak pengertian diskusi dan jenis jenis diskusi yang ada, penulis memiliki keterbatasan waktu. Mungkin akan dibahas pada kesempatan yang akan datang. Semoga Pengertian diskusi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. terimakasih.

One thought on “PENGERTIAN DISKUSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s