penemuan teknologi terbaru dalam bidang kesehatan


Tujuan Pengembangan Teknologi Kesehatan

Perkembangan teknologi kesehatan adalah perwujudan dari mahalnya biaya dan pajak yang dibebankan oleh pihak penyedia kesehatan pada pasien dan keluarganya. Teknologi baru tersebut bertujuan untuk menyediakan layanan kesehatan murah dan proses medis yang menjanjikan recovery yang cepat. Diantara pengembangan teknologi kesehatan tersebut, berikut lima penemuan peralatan kesehatan canggih yang diklaim sebagai lima penemuan teknologi kesehatan terbaik.

Penemuan Teknologi Kesehatan Terbaru

1. MelaFind: Scanner Kanker Kulit Berbasis Gelombang Elektromagnetik

Alat ini berfungsi sebagai detektor yang mampu membedakan tahi lalat yang tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma), sejenis kanker mematikan yang menyerang kulit dan memiliki bentuk mirip tahi lalat. Pemeriksaan melanoma ini umumnya menggunakan sampel jaringan atau lebih sering disebut biopsi. Namun, terkadang prosedur tersebut dianggap tidak efektif karena bisa saja tahi lalat yang dicurigai sebagai kanker ternyata tidaklah berbahaya. Peralatan ini memanfaatkan teknologi fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnet. Kemudian data yang didapat dicocokkan dengan database melanoma yang telah dikumpulkan sebelumnya. Berikut penampakan ilustrasi perangkat mutakhir kesehatan tersebut.

teknologi kesehatan terbaru
Melafind: Scanner kanker kulit (melanoma) sumber:https://www.asme.org
2. Aspirin Elektrik

Sakit kepala dan migrain umumnya dapat diredakan dengan aspirin. Kini ilmuwan berhasil mengembangkan perangkat kesehatan canggih yang mampu melawan rasa sakit akibat migrain dan sakit kepala. Alat tersebut berupa pemancar sinyal listrik kecil yang dapat diimplankan pada kranial (tengkorak), khususnya pada bagian rahang yang bergusi. Alat tersebut akan memancarkan impuls listrik yang akan memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh bagian sistem syaraf yang disebut sphenopalatine ganglion (SPG) tersebut.

Perangkat Aspirin elektrik yang mungil dan ringkas untuk mengobati sakit kepala dan migrain
Perangkat Aspirin elektrik yang mungil dan ringkas untuk mengobati sakit kepala dan migrain
3. Plester Anti Diabetes

Pengontrolan kadar glukosa atau gula darah pada penderita diabetes melitus atau kencing manis umumnya dilakukan dengan menggunakan test darah secara berkala. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terinfeksi berbagai jenis mikroba penyebab penyakit. Namun, Echo Therapeutic, sebuah perusahaan penyedia alat-alat kesehatan berhasil mengembangkan plaster anti diabetes. Plester tersebut dapat ditempelkan pada kulit dan biosensornya akan mendeteksi perubahan biokimiawi pada kulit akibat fluktuasi kadar gula darah. Informasi yang didapat dikirimkan secara nirkabel menuju monitor khusus. Mudah, bukan? Dengan plaster anti diabetes ini, Anda tidak perlu berdarah-darah lagi untuk menentukan kglukosa dalam darah.

Plaster anti diabetes yang dapat secara langsung memonitor kandungan gula darah pada penderita diabetes
Plaster anti diabetes yang dapat secara langsung memonitor kandungan gula darah pada penderita diabetes
4. RoboDoc: Robot Check Up Kesehatan Canggih

Lupakan robocop! Mulailah berkenalan dengan salah satu karya teknologi robotik yang dikembangkan dua perusahaan iRobot Corp yang bergelut didunia robotik dan InTouch Health, yang memiliki reputasi baik dalam pengembangan teknologi kesehatan. Robodoc yang diberi nama RP-VITA Remote Presence Robot ini memiliki kemampuan untuk memonitor indikator vitalitas pasien dari kamar-kekamar lain tanpa gangguan (intervensi) yang umumnya tinggi saat kondisi rumah sakit ramai. Pada tahun 2013 lalu, robot ini dinyatakan masih dalam tahap trial oleh pihak terkait.

Robot kesehatan yang dikembangkan oleh Amerika Serikat
Robot kesehatan yang dikembangkan oleh Amerika Serikat
5. Katerer Sapiens: Alat Operasi dan Tambal Katup Jantung

Alat ini digunakan untuk melakukan operasi jantuk dan pemasangan katup jantung pada paseien yang darurat dan tidak mampu melewati fase rigor saat operasi. Katerer ini akan memasangkan katup jantung tersebut melalui arteri femoral menuju katup jantung pasien yang rusak dan “menambalnya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s